Ada suka cita ketika tau kalau di kota Rabat terdapat nama jalan Proklamator Bangsa Indonesia yaitu Soekarno. Bukan hal yang mudah bisa menjadikan sebuah nama pada sebuah jalan di Maroko. Apalagi jalan tersebut berada di pusat kota, Rue Sukarno terletak tepat beririsan dengan Rue Muhamad V (raja Yang pernah Meminpin Kota Maroko, yang salah satu keturunanannya adalah Muhamad VI, raja yang saat ini memimpin.

Penasaran dengan nama jalan ini, saya menyempatkan diri untuk mencari lebih dulu avanue Sukarno baru kemudian keliling mengunjungi destinasi di Kota Rabat, Kebetulan sekali kalau tempat saya belajar dekat dengan jalan ini. Hampir setiap sore saya melewati jalan ini.

Beberapa orang Maroko mengenal face orang Indonesia, maka mereka menyapa saya ” Indonesia ” sambil tersenyum hangat menunjuk saya . Saya pun membalas dengan Anggukan kepala ” Naam Ana Indonesia” , mereka akan mengatakan “Marhaban, Barakallahu Wa daulah Islamiah”. Saya hanya mengucapkan “amin, Waiyyakum”.

Respect orang Maroko terlihat sekali kepada kita orang Indonesia. Sambutan hangatnya bahkan doa-doa yang terucapkan untuk kita bangsa Indonesia. Saya kadang merasa sudah mengenal lama bangsa Maroko ini. Saya merasa sangat diterima disini. Sangat jauh berbeda ketika saya melakukan Safar ke Eropa,.

Cafe tempat saya menikmati “syaih wa khalib” atau teh susu sore hari yang menjadi langganan saya, akan menyambut kedatangan saya dengan ” Ahlan Indonesia,,marhaban” serta merta melayani saya dengan cepat. Pemilik cafe kadang mengenalkan saya kepada pelanggan lainnya kalau saya adalah pelajar dari Indonesia.

Tersenyum kecil haru Sambil menikmati teh susu dan khubs saya. Melihat sambutan orang Maroko .. Marhaban ..😍☺️

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s